28 Juni 2011

Jaringan komputer

       Jaringan komputer merupakan suatu sistem dari sebuah komputer yang terhubung dengan komputer lain dengan bantuan perangkat serta medium tertentu yang bekerja secara bersama sama. Komputer dalam hal ini dapat berupa PC atau bisa juga Notebook. Dilihat dari pengertian atau definisi tersebut ber arti dalam suatu jaringan komputer minimal terdiri atas dua buah komputer, perangkat pembantu dan medium penghubung. Namun jaringan komputer dapat juga terdiri dari ribuan komputer dengan cakupan lokasi yang sangat luas, menjangkau seluruh dunia seperti halnya internet, karena pada dasarnya internet, karena pada dasarnya internet adalah sebuah jaringan komputer.

       Jaringan komputer dibuat untuk untuk suatu tujuan tertentu seperti; efisiensi sumber daya dengan pemakain sumber daya secara bersama-sama: contohnya berbagi pemakaian pencetak (printer), scanner dll, Komunikasi: contohnya surat elektronik (e-mail), Akses informasi atau data: misalnya akses data nasabah dalam suatu bank atau akses website dalam internet.

       Perangkat pembantu dalam suatu jaringan dapat berupa perangkat keras yaitu Kartu jaringan (network interface card / NIC) yang dipasang pada setiap komputer dan Peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch dll. Perangkat lainnya berupa perangkat lunak (software) yaitu perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Windows for workgroup dll.

       Medium koneksi, medium penghubung atau bisa juga disebut medium transmisi data dalam jaringan komputer bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless) seperti radio atau microwave.

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar