01 Agustus 2011

Membuat favicon Blog di Blogspot (Blogger)

       Bagaimana cara membuat (memasang) favicon pada blog di Blogspot (Blogger)? Dahulu membuat favicon blog mungkin sedikit lebih rumit, karena kita harus hosting file image (icon) favicon kita di tempat lain, lalu menambahkan script pada template blog yang mengarahkan favicon pada file tersebut. Inipun terkadang tidak bisa tampil terlihat pada blog, karena blogspot (Blogger) sendiri telah memiliki favicon default untuk ditampilkan.

       Namun sekarang untuk membuat favicon di blogspot sangatlah mudah. Sebagai upaya memberikan layanan yang terbaik, Blogspot (Blogger) kini sudah memberikan fasilitas pengaturan favicon blog yang cukup mudah untuk digunakan. Pertama tentunya kita harus memiliki terlebih dahulu image (icon) yang akan kita jadikan favicon blog kita. Kita bisa membuat image tersebut dengan software photoshop atau bisa juga membuat favicon dengan software GIMP2 yang bisa didownload secara gratis di internet. Image (icon) yang kita gunakan sebagai favicon harus berbentuk persegi / bujur sangkar (16x16). File untuk favicon umumnya memiliki ekstension .ico, yang menunjukkan bahwa file tersebut adalah sebuah icon file. Menggunakan file dengan ekstension lain mungkin akan membuat favicon tidak terlihat pada semua browser.

       Selanjtnya, login ke akun Blogspot (Blogger), lalu buka menu design, pada layout design blog akan terlihat item favicon pada pojok kiri atas layout (design) blog kita. Klik edit, untuk mengedit favicon default Blogspot (Blogger). Pada menu configure favicon klik browse lalu pilih image yang akan kita jadikan favicon (tentunya sudah harus dipersiapkan sebelumnya) Setelah proses upload selesai tinggal di save, Selesai dah!.Icon yang kita gunakan sebagai favicon akan terlihat pada layout design blog kita. Ada kemungkinan favicon blog kita tidak langsung muncul ketika kita coba melihat tampilan blog. Hal ini dimungkinkan karena browser masih menyimpan cache favicon sebelumnya. Tunggu beberapa saat, refresh atau hapus cache browser, maka favicon blog akan terlihat di browser.

lihat juga;



1 komentar:

  1. thx infonya.

    mo coba photoshop ane nggak bisa dibuka, apes.

    keep writing.

    BalasHapus