01 Maret 2012

Sekali Lagi, Ultrabook Acer Aspire S3

Mengulas Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik ini rasanya memang tidak cukup dengan satu tulisan. Oleh karena itu sekali lagi aku ingin mengulas tentang Acer Aspire S3, ultrabook notebook tipis harga murah terbaik ini.

Ultrabook Acer Aspire S3 adalah ultrabook dengan kelebihan tersendiri. Acer Aspire S3 memang dirancang sebagai ultrabook notebook tipis harga murah terbaik. Mengutip apa yang disebutkan dalam situs Acer, Bahwa pertama yang mereka lakukan adalah mengurangi dimensi/ukurannya dan selanjutnya adalah mengurangi harganya.

Dengan Dimensi tebal hanya 13,3 mm, instant on, instant connect, prosesor intel core i5 generasi kedua, rilis situs acer menyebutkan bahwa Harga Ultrabook ini  hanya $899. Di walmart  ultrabook acer aspire S3 dengan Windows Home 7 Premium ini bahkan dijual hanya $798 atau Rp.7.182.000,- (dengan kurs Rp.9.000,-). Di Indonesia ultrabook acer aspire S3 ini ditawarkan dengan harga Rp.7.900.000,- untuk varian dengan prosesor i5 dan Rp.7.300.000,- untuk yang berprosesor i3.

Data di Google product menunjukkan bahwa Acer Aspire S3 ini rata – rata mendapatkan penilaian yang sangat baik (4,5 bintang) dari belasan review, dan merupakan primadona dari laptop – laptop keluaran acer.

Informasi dari blog resmi acer menyebutkan bahwa desain tipis dan ringan pada Aspire S3 ini tidak disertai dengan pengecilan komponen input (pointing device dan keyboard). Anda bisa tetap menikmati keyboard chiclet berukuran normal dan pointing device (touch pad) dengan permukaan luas. Touchpad yang digunakan pada Aspire S3 memang  berukuran besar dengan desain minimalis. Anda tidak akan menemui tombol untuk klik kanan dan kiri. “Klik kiri” bisa dilakukan dengan menekan touchpad sedikit lebih dalam. Sementara “klik kanan” dilakukan dengan menekan sudut kanan bawah dari touch pad ini lebih dalam. Sebuah penataan yang memungkinkan permukaan touchpad berukuran besar dengan kenyaman pakai maksimal.

Instant on
Dengan fitur instant on maka berakhirlah sudah masa di mana kita selalu melakukan shutdown notebook untuk mengirit baterai. Saat menggunakan Ultrabook Acer Aspire S3, Anda tidak perlu mematikan semua aplikasi saat menyudahi sebuah sesi penggunaan. Anda cukup menutup Ultrabook saja dan membiarkan proses sleep bekerja. Saat Ultrabook diaktifkan, dalam hitungan beberapa detik saja, Windows sudah langsung hidup dan semua aplikasi langsung dapat digunakan.

Fitur instant-on pada Aspire S3 akan berbeda dengan standar sebuah Ultrabook. Apabila Ultrabook pada umumnya menjalankan proses instant-on saat tombol power (atau tombol keyboard lainnya) ditekan, Aspire S3 akan langsung hidup saat Anda membukanya (lid activated). Satu hal lagi yang unik dari Aspire S3 adalah Instant Connect. Acer Instant Connect memungkinkan Aspire S3 mengakses internet hanya dalam 2.5 detik, atau 4 kali lebih cepat dari portable PC pada umumnya, sehingga dapat mengurangi waktu tunggu dan pengguna  dapat segera bekerja ataupun menikmati hiburan. Jadi, selain langsung hidup, aplikasi langsung siap sedia digunakan, konektivitas jaringan pun sudah langsung bisa dipakai. Tepat untuk pengguna PC yang aktivitasnya sangat dinamis.

Prosesor dan Performa

Prosesor yang digunakan Aspire S3 adalah Intel Core i3, i5, atau i7 Ultra Low Voltage generasi kedua (Sandy Bridge). Performa yang ditawarkannya tidak jauh berbeda dibandingkan Core i3, i5, atau i7 generasi kedua versi mobile (untuk notebook). Hal ini disebabkan proses fabrikasi 32nm dan arsitektur Sandy Bridge yang sudah sangat efisien dalam menyuguhkan performa tinggi. Selain itu, tersedianya VGA Intel HD terbaru di dalam prosesor ini akan membuatnya mampu menjalankan film Full HD (bahkan beberapa film sekaligus) dengan mudah. Bahkan, beberapa game 3D mainstream dapat dimainkan dengan sistem VGA ini.

Storage

Sarana penyimpanan (storage) Aspire S3 pun tergolong unik. Ada dua pilihan yang tersedia: SSD atau harddisk. Untuk versi SSD, sudah tentu performanya tinggi dan proses Instant-On menjadi hal yang cukup wajar. Untuk versi harddisk (320GB), Aspire S3 sebenarnya juga menggunakan SSD 20GB yang dipakai untuk meningkatkan performa storage secara keseluruhan. Instant-On menjadi sangat cepat dengan adanya SSD tambahan ini. Sementara, performa sistem secara keseluruhan, juga meningkat karena SSD tersebut digunakan untuk cache utama dalam proses baca-tulis. Metode yang sama sudah diimplementasikan pada sistem desktop berbasis Sandybridge dengan chipset terkini, yang menghasilkan peningkatan performa storage secara signifikan.

Speaker
Notebook mungil biasanya memiliki speaker mungil. Efeknya, jangankan berbicara soal kualitas suara, untuk mendengarkan suara yang dihasilkan saja sudah cukup susah karena speaker kurang nyaring. Hal ini tidak ditemui pada ultrabook Acer Aspire S3. Tata suara Dolby sudah melengkapi sound system-nya. Kelantangan speaker pun hanya bisa ditandingi beberapa notebook PC berukuran besar. Intinya, pengguna Acer Aspire S3 tidak akan membutuhkan speaker portabel untuk meningkatkan volume suara speaker-nya.

Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, digunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe. Untuk pengujian ini, Ultrabook Aspire S3 yang digunakan adalah varian Core i5 dengan harddisk 320GB.

Skor SYSmark 2007 yang cukup tinggi ini membuat Aspire S3 seakan tidak menggunakan sebuah prosesor ULV. Performa Aspire S3 dengan Core i5 ULV generasi kedua ini benar-benar bisa diandalkan untuk pekerjaan berat sekalipun.

Pengujian performa video dan game Ultrabook Acer Aspire S3

Meski dengan penggunaan Intel HD3000 pada prosesornya, ultrabook Acer Aspire S3 seharusnya tidak akan mengalami masalah berarti dalam penggunaan video. Dalam pengujian, selain bisa melihat bahwa video fullHD bisa diputar dengan mudah, penggunaan prosesor pun tergolong amat rendah.

Meskipun Ultrabook Acer Aspire S3 ini tidak dirancang untuk bermain game beberapa game 3D mainstream seperti FIFA, PES, dan Starcraft tetap dapat dimainkan dengan cukup mulus dengan Ultrabook ini. Hasil yang menggembirakan, mengingat dimensi kecil jarang ada yang dirancang untuk bisa digunakan bermain game.

Dengan ultrabook Acer Aspire S3 Anda juga bisa memainkan social games seperti yang tersedia di facebook dan bahkan game yang ada dalam appup.com. Jadi, apabila Anda ingin mengisi waktu luang saat menunggu teman atau klien di sebuah café, arahkan saja browser ke facebook dan lanjutkan petualangan Anda dengan Ultrabook Acer Aspire S3.

Acer Aspire S3 dengan performanya akan mampu memuaskan seorang desainer yang sedang bekerja di luar ruangan. Software pengolah gambar terberat saat ini pun akan bisa digunakan dengan cukup nyaman. Bila perlu, Anda bahkan bisa mengedit  atau mengkonversi video dengan cepat! Semua ini berkat tersedianya kemampuan dasar dari prosesor SandyBridge kelas atas.

Jadi, Ultrabook ini memberikan kemudahan dan kenyamanan sebuah tablet dengan performa sebuah notebook kelas atas. Anda tidak perlu lagi membawa sebuah notebook dan tablet PC untuk memperoleh kelebihan dari keduanya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar