12 Agustus 2011

Membuat Favicon Dengan Software GIMP2

       Situs atau blog di internet umunya memiliki favicon yang merupakan image/icon sebagai pertanda situs atau blog tersebut. Favicon akan terlihat bersama title atau judul situs pada address bar dan juga digunakan pada bookmark situs. Hal ini akan mempermudah orang untuk mengenali suatu situs atau blog dari image/icon tersebut.

       Image/icon yang digunakan sebagai favicon mesti berbentuk bujur sangkar (16x16) dengan ekstension file .ico. Bagaimana cara membuat image/icon yang akan dipakai sebagai favicon? Untuk membuat favicon sebenarnya tidak terlalu sulit. Favicon dapat dibuat dengan menggunakan software photoshop dari adobe, namun software ini (aslinya) lumayan mahal. Favicon juga dapat dibuat dengan menggunakan software gratis seperti GIMP. Software tersebut dapat didapatkan secara gratis dari internet (tanyakan saja pada paman google).
        Kali ini saya akan coba memaparkan langkah- langkah membuat favicon dengan software GIMP. Buka software GIMP, lalu klik ”file”, lalu ”new” masukkan ukuran image width= 16 pixels dan height= 16 pixels (16x16), lalu klik ”OK”.
     
       Pada layar akan terlihat jendela kerja sesuai ukuran image yang akan kita buat. Untuk mempermudah pekerjaan atau desain icon yang kita buat, ukuran jendela bisa kita perbesar. Klik view pilih zoom 8:1 (800%), atau lebih terserah anda.
    
       Selanjutnya anda bisa mulai membuat image yang akan digunakan sebagai favicon pada bidang kerja tersebut . Setelah desain favicon selesai tinggal disimpan. Klik ”File” lalu ”save as”. Pada jendela yang muncul ketik nama icon dengan ekstension .ico atau klik ”Select file type (by extension)” lalu pilih ”microsoft windows icon” (.ico) lalu klik ”save”.

        Favicon anda sudah selesai dan bisa di pasang pada situs atau blog. Memasang atau membuat favicon pada blog di Blogspot (Blogger) sekarang juga cukup mudah.

Baca juga:
Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar