20 Juni 2011

Membuat file pdf

       File pdf (portable digital format) banyak digunakan di internet. Untuk membuat file dalam format pdf kita bisa menggunakan software acrobat dari adobe. Akan tetapi banyak diantara kita mungkin tidak memiliki software tersebut. Jika ingin memilikinya pun harus dibayar dengan harga yang lumayan (asli).

        Jika kita ingin membuat file pdf akan tetapi tidak memiliki software untuk membuatnya, kita bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan jasa pembuatan file pdf online. Kita bisa membuat file dalam format doc dan merubahnya menjadi pdf melalui situs pembuatan file pdf tersebut. Anda tinggal mengupload file yang ingin dirubah menjadi pdf dan anda akan mendapat file dalam format pdf. Jasa pembuatan file tersebut juga ada yang dilakukan by email. Jadi kita bisa mendapatkan file pdf tersebut yang dikirimkan ke alamat email kita. Tentu saja untuk ini komputer atau notebook kita harus terhubung dengan jaringan internet setiap saat kita akan membuat file pdf.

       Di samping itu kita juga bisa menggunakan software pembuat file pdf yang bisa didownload secara gratis di internet. Ada banyak situs yang menyediakan software tersebut. Anda tinggal cari saja di search engine (google, yahoo, bing dll). Software - software tersebut biasanya bekerja sebagai printer. Dalam artian anda bisa membuat membuat dokumen dengan ms word misalnya, kemudian anda print lalu pada printer optionnya akan anda temukan printer dengan nama software tersebut. Anda tinggal klik print maka file yang kita buat akan disimpan dalam bentuk file dalam format pdf. Hanya saja file pdf yang terbentuk mungkin akan berisi footer atau watermark yang menunjukkan bahwa file tersebut dibuat dengan software yang anda gunakan.

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar