13 Juli 2010

Optimasi mesin pencari (SEO)



       Dalam optimasi mesin pencari (SEO), sebagian besar webmaster tahu bahwa backlink atau Link Balik, yaitu suatu link masuk ke situs web atau halaman web merupakan hal yang penting karena merupakan indikator popularitas dari sebuah website. Jumlah link balik yang dimiliki sebuah situs sangatlah berharga, disamping indicator lain seperti PageRank, yang cenderung dianggap lebih penting. Di luar dari SEO, link balik dari suatu halaman web menunjukkan besar atau banyaknya orang yang memberi perhatian ke halaman tersebut. Link balik atau backlink juga dikenal sebagai incoming link, inbound link, inlinks, dan inward link.

       Search engine sering menggunakan jumlah link balik dari sebuah situs web sebagai salah satu faktor yang paling penting untuk menentukan peringkat situs web pada mesin pencari tersebut. Itu sebabnya optimasi mesin pencari atau search engine optimization biasanya disingkat menjadi SEO menjadi sebuah cara penting untuk menaikkan peringkat situs web.

       Link balik dari situs otoritatif mengenai topik tertentu sangat berharga. Jika kedua situs memiliki konten dengan topik serupa, backlink yang dianggap relevan dan diyakini memiliki pengaruh kuat terhadap peringkat mesin pencari halaman web yang diberikan backlink. backlink menjadi semacam suara atau vote dari suatu halaman web utk halaman web lain. Faktor lain yang penting adalah teks jangkar (Anchor text) backlink tersebut. Anchor teks adalah penggunaan teks sebagai label dari hyperlink yang terlihat pada sebuah halaman web. bots mesin pencari akan memeriksa jangkar teks untuk mengevaluasi seberapa relevan anchor text tersebut dengan konten pada halaman web. Anchor teks dan konten halaman Web yang sangat berbobot akan menentukan posisi web pada halaman mesin pencari (Search engine result page/SERP) sehubungan dengan permintaan kata kunci yang diberikan oleh pengguna mesin pencari. Kebanyakan mesin pencari komersial menyediakan mekanisme untuk menentukan jumlah link balik mereka yang direkam ke halaman web tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar