22 Februari 2010

Facebook sukses menggantikan peran mailing list?

Aku masih ingat dahulu ketika pertama kali aku kenal internet, salah satu situs atau layanan di internet yang banyak digunakan saat itu adalah mailing list. Lewat mailing list atau ada juga yang menyebutnya milis itu, orang-orang dari berbagai penjuru dunia bisa saling terhubung, berbagi informasi dan berdiskusi dalam topik-topik tertentu yang mereka sukai.

Tetapi sekarang kayaknya peran milis tersebut telah digantikan oleh situs jejaring sosial semacam facebook, myspace atau twitter. Di Indonesia mungkin yang dianggap terbaik karena paling banyak digunakan adalah facebook

Aku ga tahu apa sekarang masih banyak milis yang aktif dan diikuti secara kontinyu oleh anggotanya secara aktif. Situs penyedia layanan mailing list atau milis yang paling terkemuka yaitu yahoo (yahoo groups) pasti berupaya semaksimal mungkin agar tidak kehilangan pelanggannya. Banyak hal ditawarkan untuk meningkatkan atau memberikan layanan terbaik seperti proses berbagi foto dan aplikasi lain diharapkan bisa menggiatkan kembali aktifitas mailing list, meski rasanya sangat sulit bahkan hampir mustahil untuk mengambil lagi peran yang telah diambil oleh facebook.

Setidaknya aku punya satu group milis yang masih bisa aku ikuti yaitu kata_hati milis untuk berbagi segala hal sesuai kata hati kita.

Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar